Mau Mudik? Awas 5 Peristiwa Ini Bikin Tongpes Mendadak

Little baby boy with her muslim mom inside car going for a trip

Pulang kampung alias mudik memang sudah jadi tradisi bagi banyak orang di Hari Raya Idul Fitri. Namun bukan rahasia lagi bahwa kegiatan yang satu ini membutuhkan biaya yang cukup besar.

Selain harus mempersiapkan biaya transportasi dan akomodasi, Anda juga wajib mempersiapkan pengeluaran tak terduga selama mudik. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengalokasikan tabungan khusus untuk berjaga-jaga saat mudik dan beberapa produk asuransi.

Sejatinya ada lima peristiwa yang berpotensi menguras tabungan Anda ketika Anda mudik ke kampung halaman. Ingin tahu apa saja? Simak ulasannya.

Kecelakaan

Tak ada yang mau mengalami hal ini ketika pulang kampung. Namun musibah yang satu ini bisa menimpa siapa saja yang tengah berada di jalan darat, udara, maupun laut. Selain risiko kesehatan, kondisi finansial Anda juga bakal terusik karena hal ini.

Badan yang letih dan mengantuk sering jadi penyebab utama kecelakaan saat mudik. Apalagi dalam kondisi puasa. Gak salah dong buat menepi sejenak demi keselamatan diri dan keluarga? Daripada memaksakan diri mengemudi mobil dalam keadaan mengantuk.

Tak ada salahnya juga untuk berjaga-jaga dengan membeli asuransi kecelakaan diri. Asuransi yang satu ini akan memberikan santunan uang tunai dikala kita mengalami musibah kecelakaan.

Kendaraan rusak

Risiko ini tentunya menghantui para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Lagi-lagi, kita tidak akan tahu apa yang terjadi di perjalan menuju kampung halaman.

Bisa jadi malah ada kerusakan yang sifatnya tak terduga uang memaksa kita menyewa mobil derek, mengganti suku cadang kendaraan.

Untuk mengantisipasi hal ini, Anda harus melakukan servis rutin sebelum mudik. Cek semua komponen hingga kaki-kaki, ganti oli bila memang sudah waktunya.

Dan pastikan, kendaraan Anda telah terlindungi dengan asuransi. Asuransi kendaraan bermotor terdiri dari dua jenis besar yaitu all risk dan total lost only (TLO).

All risk akan menanggung seluruh risiko yang muncul, sementara TLO akan memberikan ganti rugi jika kendaraan Anda hilang atau mengalami kerusakan parah senilai 70% dari nilai kendaraan.

Jajan & beli oleh-oleh secara impulsif

Ingat, mudik sebetulnya sama dengan traveling, yang membedakan adalah tujuannya saja. Jika traveling Anda bebas melakukan kunjungan kemana saja, namun pada saat mudik tujuannya adalah mengunjungi saudara.

Satu hal yang menarik yang paling sering dilakukan adalah wisata kuliner di kampung halaman.

Tidaklah salah untuk jajan atau membeli oleh-oleh dalam jumlah besar. Namun pastikan, Anda sudah mengatur pengeluaran maksimal untuk yang satu ini.

Bagi-bagi THR

Wajar sekali kalau tetiba kita diserbu oleh saudara-saudara terutama yang masih kecil untuk dimintai uang tunjangan hari raya (THR). Ada baiknya untuk mempersiapkan pengeluaran yang satu ini jauh-jauh hari sebelum mudik.

Itulah sebabnya mengapa sangat disarankan bagi kita untuk hemat soal THR. Jika sebelum mudik saja THR sudah habis terpakai, Anda pasti bakal kesulitan menghadapi hal yang satu ini.

Sakit

Jagalah kesehatan sebelum pulang kampung itu wajib. Karena sakit itu juga akan memaksa Anda mengeluarkan uang. Di samping itu, kamu juga kehilangan momen berharga bareng keluarga di kampung

Pastikanlah Anda terus membayar iuran BPJS Kesehatan Anda atau menyediakan asuransi kesehatan swasta bila perlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*