Muak! Sekjen PBB Sebut Dunia Butuh Sederet Perubahan Ini

Muak! Sekjen PBB Sebut Dunia Butuh Sederet Perubahan Ini

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres di KTT ASEAN, Kamis, (7/9/2023). (CNBC Indonesia/Tri Susilo

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Antonio Guterres menyoroti kemarahan, kebencian, dan konflik yang melanda dunia saat ini. Beliau menggarisbawahi kebutuhan mendesak akan perubahan dan reformasi pada beberapa hal.

Guterres, dalam sambutannya di Rapat Sidang Umum PBB pada Kamis (8/2/2024), menekankan dampak buruk dari sikap yang memecah belah dan konflik yang sedang berlangsung terhadap masyarakat sipil di seluruh dunia.

“Konflik mengerikan yang https://judol-terpercaya.store/ membunuh dan melukai warga sipil dalam jumlah yang sangat besar. Perang kata-kata. Perang wilayah. Perang budaya. Begitu banyak orang yang menjajakan matematika sesat yang mengatakan Anda melipatgandakan dukungan dengan memecah belah orang,” ujarnya dalam pidato tersebut.

Ia menekankan pentingnya inisiatif global yang akan datang, khususnya pada Summit of Future pada September mendatang. Ia menguraikan bidang-bidang utama yang perlu direformasi.

Bidang tersebut termasuk reformasi Dewan Keamanan PBB, sistem keuangan internasional, dan keterlibatan pemuda dalam proses pengambilan keputusan.

Guterres juga menyerukan pembentukan Global Digital Compact untuk memanfaatkan manfaat teknologi baru sekaligus memitigasi risiko terkait.

“Anda adalah inti dari upaya penting ini. Dan perdamaian adalah inti dari semua yang kami lakukan,” kata dia.

Ia pun mendesak tindakan kolektif untuk mengatasi tantangan global yang mendesak dan menegaskan kembali peran sentral perdamaian dalam semua upaya.

Hal ini mengingat, separuh umat manusia bersiap untuk berpartisipasi dalam pemilu tahun ini. Ia pun menggarisbawahi pentingnya mendorong dialog dan kerja sama untuk menghadapi tantangan bersama dan membangun masa depan yang lebih berkelanjutan bagi semua orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*