Pemandangan Rumah ‘Surga’ Abah Jajang yang Kini Terhalang

Jendela rumah ‘surga’ Abah Jajang dipenuhi stiker dari komunitas wisatawan yang datang berkunjung. Bahkan stiker itu menutupi hampir seluruh kaca jendela, membuat pesona indah Curug Citambur tak bisa lagi terlihat dari dalam rumah.
Bukan hanya satu jendela, stiker yang dipasang wisatawan itu terpasang di empat kaca jendela rumah panggung tersebut

Padahal sebelumnya, pemandangan indah bak surga dunia itu bisa tampak jelas dari dalam rumah Abah Jajang yang sempat ditawar Rp 2,5 miliar oleh pengusaha asal Jakarta. Tak hanya menutupi pemandangan dari dalam rumah, stiker yang dipasang tak beraturan itu membuat keindahan rumah zaman dulu itupun berkurang.

Abah Jajang, mengatakan stiker itu dipasang oleh wisatawan sebagai kenang-kenangan mereka sudah berkunjung ke Rumah Abah Jajang.

“Iya dipasang sama pengunjung. Mau nolak tidak enak Abah. Karena kan Abah ingin semua jadi keluarga Abah,” tuturnya, Selasa (6/2/2024).

Sementara itu, Bupati Cianjur Herman Suherman, menyayangkan perilaku oknum wisatawan tersebut. Sebab pemasangan stiker tersebut membuat kekhasan dan keunikan rumah Abah Jajang berkurang.

“Jadi kurang indah, dan dari dam jadi tidak terlihat lagi pemandangan Curug Citambur,” kata Herman.

Herman mengatakan rencananya jendela tersebut akan diganti dengan yang baru agar rumah Abah Jajang kembali seperti semula.

“Kacanya akan diganti dengan yang baru. Nanti difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,” ungkapnya.

Menurut Herman sebagai penggantinya, Pemkab akan membuat tempat khusus untuk pemasangan stiker dan ucapan kesan ataupun pesan selama berkunjung ke Rumah Abah Jajang.

“Nanti kita siapkan ruang khusus untuk pemasangan stiker atau menuliskan kata-kata terkait kunjungannya ke rumah Abah Jajang. Supaya tidak mengotori atau merusak keindahan rumah aslinya,” kata dia.

Sekadar diketahui, Rumah Abah Jajang mendadak viral di media sosial pada Maret 2023 lalu. Rumah dengan pemandangan eksotis bak surga dunia itu viral usai ditawar Rp 2,5 miliar.

Namun pemilik rumah menolak lantaran tidak ingin tempat tinggal yang puluhan tahun didiami itu dijual pada oranglain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*